Sabtu, 07 Mei 2016

PERGESERAN DALAM MASYARAKAT

“Pergeseran yang terjadi dalam masyarakat”

Pergeseran yang terjadi dalam masyarakat sekarang ini terjadi seiring dengan pengaruh dari globalisasi. Perkembangan cyber space, internet, informasi elektronik dan digital, ditemui dalam kenyataan sering terlepas dari sistem nilai dan budaya. Suka atau tidak bila tidak disikapi dengan kearifan dan kesadaran pembentengan umat pasti akan menampilkan benturan-benturan psikologis dan sosiologis.
Pada era globalisasi telah terjadi perubahan-perubahan cepat. Dunia menjadi transparan, terasa sempit, hubungan menjadi sangat mudah dan dekat, jarak waktu seakan tidak terasa dan seakan pula tanpa batas. Perubahan yang mendunia ini akan menyebabkan pergeseran nilai-nilai budaya tersebut. Perkembangan teknologi komunikasi pun salah satu hal yang membuat terjadinya pergeseran yang terjadi dimasyarakat sekarang ini. Sekarang, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu lewat media sosial yang mereka miliki tanpa memperhatikan orang-orang disekitarnya, bisa dibilang hal tersebut mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat dan akhirnya menciptakan suatu sikap yang individualistis. Tetapi hal tersebut tidak selalu bersifat negatif segala sesuatu perubahan pasti ada dampak positif dan negatifnya. Lebih jelasnya saya uraikan dibawah ini :

·         Dampak Negatif  Pergeseran Nilai masyarakat Tradisional ke Modern
1.      Timbulnya Sikap Individualistis
Masyarakat merasa sangat dimudahkan dengan tekhnologi maju  membuat mereka tidak lagi membutuhkan orang lain dalam aktivitasnya. Kadang-kadang mereka lupa akan dirinya sebagai mahluk social. Mereka cenderung untuk hidup sendiri-sendiri tanpa memperhatikan orang lain, rasa gotong royong, ramah tamah dan sopan santun mulai memudar. Akibat dari memudarnya nilai-nilai budaya lokal akan menimbulkan sikap individualistis.

2.      Kesenjangan Sosial
Pergeseran nilai masyarakat tradisional ke modern tidak lepas dari pengaruh modernisasi dan pengaruh globalisasi, bila ada beberapa individu yang dapat mengikuti pengaruh tersebut akan terjadi kesenjangan social. Kesenjangan social akan menyebabkan jarak antara si kaya dan si miskin dan hal ini bisa merusak nilai-nilai kebinekaan dan ketunggalikaan bangsa Indonesia. Hal ini juga akan memicu prasangka social, persaingan dalam kehidupan cenderung akan mebuat orang tersebut frustasi, maka orang akan timbulah tindak kriminal seperti perampokan hanya untuk alasan pemenuhan kebutuhan.

3.      Masuknya Nilai-Nilai dari Budaya Lain
Masyarakat modern umumnya telah mengetahui tekhnologi, seperti internet, handphone, media televisi dan tekhnologi yang lainya yang ditiru habis-habisan. Selain itu apresiasi terhadap nilai budaya lokal pun pudar serta nilai keagamaan akan mengalami kemunduran. Disini bisa dilihat pergeseran nilainya yaitu beralih ke budaya barat dan budaya lainya.

4.      Penyebaran Nilai-Nilai Politik Barat
Penyebaran nilai-nilai politik barat secara langsung atau tidak langsung dalam bentuk-bentuk unjuk rasa, demonstrasi yang semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum. Masyarakat cenderung menghadapi dengan anarkisme.

5.      Kenakalan Remaja
Imbas dari pergeseran nilai-nilai masyarakat modern adalah kenakalan remaja. Pengaruh internet ataupun HP yang ditiru habis-habisan menimbulkan kenakalan remaja, contoh bila remaja membawa HP camera bisa menyimpan sesuatu yang porno didalamnya sehingga suatu saat pasti remaja mencoba adegan itu, padahal adegan itu hanyalah untuk orang yang sudah mempunyai ikatan perkawinan. Maka telah terjadi pegeseran nilai masyarakat tradisional ke modern. Masyarakat modern cenderung melupakan budaya aslinya.

6.      Adanya Penyakit Masyarakat
Penyakit masyarakat atau Patologi Sosial bisa muncul di karenakan pergeseran nilai masyarakat, seperti yang telah dijelaskan bahwa pergeseran nilai berdampak pada kesenjangan social. Maka si miskin terpaksa mencuri untuk pemenuhan kebutuhan. Maka pergeseran nilai dan norma kesusilaan bergeser secara cepat.

·         Dampak Positif Pegeseran Nilai masyarakat Tradisional ke Modern
1.    Arus Komunikasi Lancar
Perubahan masyarakat dari tradisional ke modern berdampak pada sarana komunikasi, pada masyarakat tradisional mungkin masih menggunakan pentungan atau kulkul, burung merpati, surat sebagai alat berkomunikasi satu dengan yang lainya, dengan terjadinya pegeseran nilai-nilai maka sarana kmunikasi semakin cepat. Contoh ada handphone, telegram, dan sejenisnya sehingga komunikasi meenjadi cepat dan mudah dilaksanakan.

2.    Berkembangnya Ilmu Pengetauan dan Teknologi
Pergeseran masyarakat tradisional menuju masyarakat modern membawa dampak yang sangat signifikan yaitu masyarakat modern yang yang dulunya tradisional dapat beraktivitas jauh lebih mudah. Contoh : Pada masyarakat  yang dulu menggunakan tulisan tangan dalam mengirim surat sekarang sudah bisa lewat komputer atau pun laptop.

3.    Tingkat Hidup yang Lebih Baik
Pergeseran nilai erat hubunganya dengan pengaruh globalisasi, globalisasi menyebakan pergeseran nilai budaya. Berhubungan pula dengan industri-industri maju, dengan dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

4.    Perubahan Sistem Pengetahuan
Masyarakat bila sudah modern akan memilki kesadaran betapa pentingnya pendidikan. Dengan bekal pengetahuan masyarakat sudah siap untuk menghadapi pergeseran nilai yang mungkin terjadi di era global. Dengan pengetahuan pula kita dapat memproduksi  barang dan jasa dengan mudah.

5.    Perubahan Pandangan Hidup
Pandangan hidup merupakan seseorang atau sekelompok orang yang bermaksud menanggapi segala masalah yang terjadi. Perubahan pandangan hidup masyarakat Indonesia terlihat pada perubahan sikapnya, prilaku dan karyanya  berkat pembangunan berkembanglah pandangan tentang pentingnya keseimbangan kehidupan yang material dan spiritual, pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Itu semua merupakan beberapa dampak negatif dan positif dari pergeseran niali masyarakat tradisional ke modern seacara umum dan yang menjadi fokus perhatian adalah masuknya teknologi dan inovasi-inovasi tersebut tidak hanya memberikan dampak positif melainkan juga memberikan dampak negatif sehingga untuk melihatnya  perlu ditinjau dari perspektif sosiologi. Untuk menjelaskannya, lebih mudah bila menggunakan contoh nyata kasus yang terkait perkembangan teknologi. Untuk itu, saya mencoba menjelaskan dampak positif dan negative penggunaan teknologi dan inovasinya berangkat dari fenomena nyata yaitu teknologi informasi dari penggunan HP (handphone).
Kemajuan teknologi juga turut memajukan informasi. Informasi bisa didapatkan dari teman, keluarga, media cetak maupun media elektronik. Apalagi pada era yang modern saat ini banyak masyarakat luas yang sudah menggunakan media baru yaitu sarana media Internet.
Penggunaan internet bukanlah suatu hal yang istimewa atau khusus untuk kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat, pendidikan dan usia. Hampir semua golongan masyarakat sudah tahu dan akrab dengan internet. Seiring dengan perkembangan waktu dan modernisasi internet menjadi sebuah kebutuhan dan aktifitas tetap manusia sebagai anggota masyarakat. Selain menjadi tututan profesi, perkembangan profesi, perkembangan ilmu pengetahuan, berita, dan hiburan, berinternet juga menjadi cara alternatif seseorang bergaul sebagai mahkluk sosial.
Kehadiran internet memudahkan masyarakat untuk  mendapatkan informasi dan data yang belum tentu ditemukan secara langsung dalam media cetak yang  bisa dijumpai sehari hari. Terutama karena halangan cara dan biaya yang tidak sedikit.
Di Indonesia, dapat ditemukan warung internet ( warnet ) yang bertebaran disepanjang pinggiran jalan. Selain itu banyak tempat tempat  umum, lembaga pendidikan, cafe, mall, dan temat tempat rekreasi yang menawarkan jasa hotspot atau wifi untuk masyarakat yang memiliki leptop atau phoneboo. Disamping itu, banyak  tipe ponsel yang  dilengkapi dengan aplikasi internet.
Seiring dengan perkembangan yang pesat dengan adanya teknologi itu, banyak situs dan aplikasi pertemanan, promosi, milis, dan aplikasi aplikasi lain. Di antaranya adalah GoogleTalk, AIM, yahoo, Multiply, Live Messanger, miRC, My Space, Friendster, Facebook, twitter, Insatgram, Line dls.
Salah satu contoh kita ambil misalkan melalui Facebook, Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial dengan beberapa fasilitas yang memungkinkan seseorang  dapat menjalin pertemanan dan komunikasi secara aktif dengan seseorang atau suatu badan Organisasai tertentu, tanpa dibatasi, dengan jarak, ruang , dan waktu.
Sejak tahun 2007, Facebook mengalami peningkatan penggunaan di Indonesia. Hingga sekarang, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna facebok yang besar. Hal tersebut dapat tejadi karena jumlah penduduk Indonesia yang juga salah satu terbesar di dunia dan juga masyarakat Indonesia yang suka berinteraksi satu dengan lainnya.
Menurut saya seiring dengan berkembangnya waktu, permasalahan yang terjadi di Facebook baik positif maupun negatif terjadi. Berbagai cyber crime sering terjadi di Facebook seperti penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab hingga penculikan terhadap anak dibawah umur yang bermula dari perkenalan. Namun tak hanya unsur negatif saja yang terjadi di Indonesia, hal positif juga terjadi. Facebook menimbulkan hasrat seseorang untuk berwirausaha, Facebook dijadikan wadah online shop.
Berbagai kreativitas yang diciptakan dijual oleh penciptanya melalui Facebook. Jadi Facebook merupakan media sosial yang mempunyai dampak yang cukup signifikan bagi penggunanya dan hal tersebut dapat terlaksana sesuai dengan bagaimana pengguna Facebook tersebut menggunakannya. Kerena, setiap Perkembangan teknologi komunikasi mempunyai dampak terhadap kehidupan sosial yaitu bisa kita lihat dari aspek ekonomi, politik dan sosial budaya.  Menurut saya semua itu pasti ada efek negatif dan positifnya tergantung dari dalam diri orangnya masing-masing bagaimana menggunakan suatu perubahan itu dengan cara yang baik atau buruk itu semua kita yang memilih karna kita semua harus siap dengan segala pergeseran atau perubahan yang terjadi dalam kehidupan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar